Minggu, 22 Januari 2017

BISNIS EVENT ORGANIZER (EO)

Tulisan 3


Prospek bisnis Event Organizer ( EO ) kian hari kian potensial. Dapat di lihat dari perubahan gaya hidup masyarakat dalam berpesta atau mengadakan suatu acara. Untuk kelas menengah ke atas rata-rata pemilik acara tidak mau repot dengan sistem acara dan acaranya itu sendiri, banyak yang ingin langsung beres. Hal tersebut dapat di atasi oleh Event Organizer.
Event Organizer
Event Organizer (EO) merupakan bisnis jasa mengorganisir suatu acara. Dengan adanya EO, pihak yang punya acara tidak perlu bingung memilih panitia untuk mengurus acara. Sistem kerja dari Event Organizer adalah membuat rencana, menjalankan acara dan pesta selesai sesuai keinginan pemilik acara.

Satu acara bisa saja dipegang oleh lebih dari satu EO. Misalnya, acara diklat pegawai baru bisa saja dipegang dua EO. EO pertama memegang perlengkapan, sarana prasarana, dan tempat yang dibutuhkan peserta maupun penyelenggara. EO kedua berperan mengatur makanan/catering.
Dengan berlandaskan pada kepercayaan, maka akan mengarah pada pengelolaan sebuah acara yang terorganisir, dinamis, dan praktis.

Peluang Usaha Event Organizer
Sedikitnya ada 2 hal yang membuat bisnis ini makin menjanjikan :
     1.    Orang-orang di kantor semakin sibuk mengejar target pekerjaan. Mereka lebih memilih EO untuk mempersiapkan suatu acara daripada harus kehilangan fokus di pekerjaan. Hal inilah yang membuat EO makin laris manis.
     2.    EO yang berpengalaman bisa menekan harga karena sudah punya kenalan untuk membeli barang/jasa persiapan acara. Ia juga tahu acara seperti apa yang diinginkan oleh masing-masing tipe penyelenggara. Hal tersebut menjadi alasan kenapa EO makin dicari.
Tidak hanya acara yang saya sebutkan di atas, banyak acara lainnya yang siap dikelola oleh EO, misalnya: ulang tahun dan peluncuran produk.

Cara Memulai Bisnis Event Organizer
Bisnis yang memperoleh keuntungan dari keceriaan ini memerlukan beberapa persiapan khusus. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda miliki untuk menggeluti bisnis acara ini.

1. PENGALAMAN
Hal ini wajib anda miliki, jangan menganggap membuat acara itu hal remeh. Jika belum punya pengalaman anda bisa ikut EO lain dulu. Anda juga bisa belajar cara mendapatkan order dari pengalaman ini.

Bisnis ini akan  mengatur catering, hotel, toko bunga, laundry dan banyak hal lainnya. Semua itu butuh koordinasi dan pengalaman.
Anda akan bertemu berbagai jenis orang yang sifatnya berbeda. Pengalaman akan mengajarkan anda mengenai pahit getirnya menghadapi penyelenggara. Anda juga belajar mengatur staf.

2. TIM
Karena untuk memulai bisnis ini tidak bisa di lakukan secara perorangan, pelaku bisnis di tuntut untuk membuat sebuah tim. Anda harus mampu memimpin sebuah tim, dan membuat semua anggotanya menjadi loyal dan solid, dari anggota satu ke anggota lainnya.

3. RELASI / Kenalan sebanyak-banyaknya
Ini wajib anda miliki, anda harus mencatat tempat memesan bahan baku, menyewa sound system, dan menyiapkan hadiah. Ini penting agar persiapan acara anda mudah dan cepat. Saat terjadi kekurangan modal atau memerlukan bahan yang lebih murah Anda bisa mendapatkan bantuan dari orang yang Anda kenal.

4. KREATIVITAS
Selain memiliki pengalaman, tim yang solid dan kenalan yang banyak, pelaku usaha di tuntut untuk kreatif dalam memilih keputusan untuk bisnisnya. Ide kreatif juga di perlukan untuk membuat sesuatu yang unik dan hebat. Gunakan waktu-waktu luang untuk menemukan sesuatu yang baru dan bisa di terapkan pada bisnis Event Organizer yang Anda jalankan.

5. KESABARAN
Seorang pemimpin harus memiliki kesabaran yang ekstra. Belum pernah di temui seorang pemimpin yang tidak sabar, hampir semua pemimpin sabar. Bila Anda tidak memiliki syarat ini, siap siap saja acara akan bubar dan tim Anda pada kabur semua. Percayalah, sabar merupakan modal mutlak untuk bisnis ini. Bisa jadi konsumen anda marah-marah karena suatu hal. Bisa jadi staf anda melakukan kesalahan. Ini semua adalah belajar dari pengalaman.

6. MODAL
Untuk syarat yang terakhir yang perlu Anda persiapkan adalah modal. Kenapa modal terakhir? Anda bisa memulai bisnis ini nyaris tanpa modal, Anda bisa menggunakan sponsor sebagai pemodal awal Anda. Kebanyakan bisnis Event Organizer meminta client nya untuk membayar DP terlebih dahulu sebelum sepakat kepada tahap evaluasi, bahkan untuk awal pembuatan konsep sudah ada yang dimintai DP.

Apa saja bisnis Event Organizer?
Bidang yang dapat dipilih oleh Event Organizer sangat banyak sekali. Seing kita jumpai pada acara besar, pemegang acara tidak hanya 1 tim EO saja, melainkan bisa 2 hingga 3 tim EO yang bekerja.
Dan berikut ini kerja dari EO
     1.    Sewa gedung dan dekorasi
     2.    Cattering
    3.    Sound sistem
    4.    Artis
    5.    Busana
    6.    Jadwal kegiatan
    7.    Tempat tinggal (penyewaan hotel / losmen untuk tamu)
    8.    Dan lain-lain

    sumber :




1 komentar:

  1. Terimakasih untuk artikelnya ya.
    Oh ya, jangan lupa kunjungan balik ke artikel terbaru saya Tips Menjalankan Bisnis Event Organizer

    Salam Blogger Min.

    BalasHapus