Rabu, 16 November 2016

ONLINE SHOP

Tulisan 2

Pada era informasi sekarang ini berjualan tidak perlu lagi tanah dan bangunan khusus atau outlet yang tentunya membutuhkan modal lebih banyak. Saat ini sudah sangat populer berjualan di media internet atau Online shopping. Pengertian Online Shopping sendiri adalah sebuah media yang memungkinkan customer membeli barang atau jasa secara langsung dari seller dengan media internet menggunakan web browser. Dengan adanya online shop kita sebagai pembeli bisa belanja berbagai macam kebutuhan tanpa harus bertatap muka dengan penjual.

Konsep Online Shop

Penjual
Seorang penjual membutuhkan web atau blog untuk memajang produknya. Dengan memaparkan rincian produk serta harga yang jelas sehingga memudahkan konsumen dalam berbelanja. Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penjual adalah desain dari web atau blog yang digunakan. Desain sangat berpengaruh karena pembeli cenderung menilai sesuatu dari hal yang terlihat terlebih dahulu. Selain itu penjual perlu bekerjasama dengan jasa pengiriman untuk memudahkan pendistribusian produk. Pengiriman yang mengecewakan akan membuat pembeli enggan belanja lagi. Seorang penjual bisa menjual produk sendiri atau bekerjasama dengan produsen, supplier, atau pemasok apabila kekurangan modal.

Pembeli
Untuk pembelian online biasanya kita mengikuti tata cara yang telah ditetapkan penjual. Secara garis besar pembelian online dimulai dari pembeli memilih barang atau jasa yang diinginkan. Kemudian pembeli menghubungi penjual untuk memastikan ketersediaan barang melalui kontak yang telah disediakan di web atau blog online shop tersebut. Setelah deal maka pembeli akan melakukan pembayaran. Apabila pembayaran telah dikonfirmasi, penjual akan mengirimkan barang yang dibeli melalui jasa pengiriman yang telah disepakati.

Pembayaran
Untuk pembayaran, umumnya ada dua jenis :
1. Transfer via bank dan COD (Cost On Delivery)
Transfer via bank adalah pembayaran melalui bank sesuai nominal belanja

2. COD ( Cash on delivery )
Dapat diartikan pembayaran dilakukan saat produk diterima oleh pembeli. Hal ini tak lepas dari kesepakatan antara penjual dan pembeli terlebih dahulu.

Kelebihan dan Kekurangan Online Shopping
Banyak hal yang menyebabkan seseorang lebih memilih belanja online karena memiliki banyak kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan belanja online :
⦁ Tidak terikat tempat dan waktu, terutama bagi anda orang yang sibuk sehingga tidak sempat berbelanja dengan mendatangi ke toko.
⦁ Banyak pilihan toko online yang menyediakan ragam produk yang anda inginkan.
⦁ Menghemat waktu dan tenaga, anda tidak perlu berkeliling mal atau toko, anda cukup meluangkan waktu sebentar dengan membuka internet dan tentu saja anda akan terhindar dari kemacetan jalan raya.
⦁ Anda dapat membandingkan produk dan harga dengan toko online lainnya, sehingga lebih banyak pilihan.
⦁ Proses belanja yang mudah, cukup memesan barang, dan pembayaran biasanya dapat melalui internet/mobile banking atau ATM dan tinggal menunggu barang dikirim.

Selain kelebihan ada juga Kekurangan dari belanja online, berikut ini kekurangan dari belanja online :
⦁ Sering terjadi penipuan barang tidak dikirim setelah dilakukan pembayaran.
⦁ Fisik dan kualitas barang tidak sesuaid engan yang diharapkan, karena kita hanya dapat melihat melalui foto yang ada di website.
⦁ Dikenakan biaya transportasi, sehingga ada biaya tambahan.
⦁ Tidak dapat melihat dan mencoba secara barang yang dipesan.
⦁ Butuh waktu agar barang sampai ditempat pembeli karena proses pengiriman.

Contoh Online shop yang populer

Hasil gambar untuk lazada
Lazada ( www.lazada.co.id )
LAZADA Indonesia adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online Lazada di Asia Tenggara.
Grup Lazada International di Asia Tenggara terdiri dari LazadaIndonesia, LazadaMalaysia, Lazada Vietnam, Lazada Thailand, Lazada Filipina. Jaringan Lazada Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan jaringan perusahaan internet Jerman Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan inkubator daring yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet, antara lain Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya CityDeal).

Cara menggunakan layanan di LAZADA
Untuk menggunakan layanan berbelanja di Lazada, pengguna diwajibkan untuk memiliki akun terlebih dahulu. Untuk mendaftar/membuat akun, bisa dilakukan dengan klik login pada halaman muka Lazada, lalu akan muncul pop-up untuk login dan di situ ada menu untuk daftar. Untuk pendaftaran akun cukup dengan mengisi kolom-kolom data yang tersedia di situ. Dibutuhkan alamat e-mail untuk mendaftar akun di Lazada. Apabila user kesulitan dengan pendaftaran akun dengan metode pengisian data, user tidak perlu khawatir karena ada menu pendaftaran/login dengan alamat Facebook. 

Berikut opsi atau metode - metode untuk transaksi pembayaran dan transfer ke Lazada :
1. Bayar di tempat (COD atau Cash On Delivery )
2. Kartu Kredit/ Debit
3. Bank Transfer
4. Hello Pay ( Bayar di Indomaret )
5. BCA KlickPay
6. Mandiri KlickPay
7. Cicilan Online


sumber :
http://www.hermantolle.com/class/docs/online-shopping/
https://id.wikipedia.org/wiki/LAZADA_Indonesia
http://dilazada.blogspot.co.id/2016/02/contoh-cara-belanja-online-di-lazada.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar