Selasa, 03 Oktober 2017

MENGENAL KOPERASI KARYAWAN SAMPOERNA







Badan Hukum No. 7298/BH/II/92
Jl Kalirungkut 42 Surabaya
Surabaya


ABSTRAK
            Koperasi Karyawan Sampoerna merupakan koperasi yang didirikan untuk memberikan fasilitas dalam bidang ekonomi kepada para karyawan perusahaan Sampoerna. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep aliran yang digunakan dan sejarah Koperasi Sampoerna itu sendiri. Dimana Kopkar Sampoerna ini menggunakan konsep aliran koperasi barat. Dan terdapat sejarah perkembangan koperasi dari tahun ke tahun.

Kata Kunci : Konsep Aliran Koperasi, latar belakang aliran koperasi dan sejarah koperasi.



BAB I
KONSEP ALIRAN DAN SEJARAH KOPERASI

Konsep Koperasi
Konsep koperasi dibagi menjadi 3 (tiga) macam yakni Konsep Koperasi Barat, Konsep Koperasi Sosialis dan Konsep Koperasi Negara Berkembang. Menurut saya, Kopkar Sampoerna termasuk dalam konsep koperasi barat. Dilihat dari pengertian Kopkar Sampoerna itu sendiri yang sesuai dengan pengertian dari konsep koperasi barat yang merupakan organisasi swasta yang dibentuk secara sukarela oleh orang – orang yang mempunyai  persamaan kepentingan demi kesejahteraan dan keuntungan bagi anggota maupun koperasi itu sendiri.


Latar Belakang Timbulnya Aliran Koperasi
Perbedaan ideologi suatu bangsa akan mengakibatkan perbedaan sistem perekonomian dan tentunya aliran koperasi yang di anut suatu bangsa akan berbeda pula.
Keterkaitan Ideologi, Sistem Perekonomian dan Aliran Koperasi


Tabel hubungan Ideologi, Sistem Perekonomian dan Aliran Koperasi

Ideologi
Sistem Perekonomian
Aliran Koperasi
Liberalisme/Kapitalisme
Sistem Ekonomi Bebas Liberal
Yardstick
Komunisme / Sosialisme
Sistem Ekonomi Sosialis
Sosialis
Tidak termasuk Liberalisme dan Sosialisme
Sistem Ekonomi Campuran
Persemakmuran (Commonwealth)

            Dilihat dari penjelasan dan tabel diatas dengan didasarkan pada ideologi negara kita yang tidak termasuk Liberalis dan Sosialisme, maka dapat di analisis bahwa Kopkar Sampoerna menggunakan Aliran Koperasi Persemakmuran (Commonwealth). Karena koperasi dijadikan sebagai alat yang efisien dan efektif dalam meningkatkan kualitas ekonomi anggota. Selain itu, koperasi ini bertujuan memenuhi kebutuhan bersama dan pastinya bisa meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat, sebagai wadah ekonomi rakyat yang strategis dan memegang peranan utama dalam struktur perekonomian masyarakat sesuai dengan penjelasan menurut Paul Hubert Casselman.

Sejarah Singkat Koperasi Karyawan Sampoerna
Tanggal 8 Februari 1992 Kopkar Sampoerna dibentuk di Surabaya (BH No. 7298/BH/II/92), dengan Unit Pelayanan di Malang, Taman Sampoerna, dan Rungkut 1. 
Tahun 1993, UP bertambah di : Rungkut 2 dan Sukorejo. 
Tahun 1995, mengakuisisi PT Pradhana Mahartha (Apotik).
Tahun 2002, bergabungnya UP Jakarta.
Tahun 2009, pembukaan Sub UP Jakarta di Karawang.
Tahun 2010, pembukaan Sub UP Sukorejo di Taman Dayu.


Referensi :

Materi Bahan Ajar Ekonomi Koperasi.docx  dari Bapak Muhammad Firdaus Dosen Ekonomi Koperasi kelas 2EB01, Universitas Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar