Tulisan 3
Prospek bisnis Event Organizer ( EO ) kian hari kian potensial. Dapat di lihat dari perubahan gaya hidup masyarakat dalam berpesta atau mengadakan suatu acara. Untuk kelas menengah ke atas rata-rata pemilik acara tidak mau repot dengan sistem acara dan acaranya itu sendiri, banyak yang ingin langsung beres. Hal tersebut dapat di atasi oleh Event Organizer.
Event Organizer
Event Organizer (EO) merupakan bisnis jasa
mengorganisir suatu acara. Dengan adanya EO, pihak yang punya acara tidak perlu
bingung memilih panitia untuk mengurus acara. Sistem kerja dari Event Organizer
adalah membuat rencana, menjalankan acara dan pesta selesai sesuai keinginan
pemilik acara.
Satu acara bisa saja dipegang oleh lebih dari satu EO.
Misalnya, acara diklat pegawai baru bisa saja dipegang dua EO. EO pertama
memegang perlengkapan, sarana prasarana, dan tempat yang dibutuhkan peserta
maupun penyelenggara. EO kedua berperan mengatur makanan/catering.
Dengan berlandaskan pada kepercayaan, maka akan
mengarah pada pengelolaan sebuah acara yang terorganisir, dinamis, dan praktis.
Peluang Usaha
Event Organizer
Sedikitnya ada 2 hal yang membuat bisnis ini makin
menjanjikan :
1. Orang-orang di kantor semakin sibuk mengejar
target pekerjaan. Mereka lebih memilih EO untuk mempersiapkan suatu acara
daripada harus kehilangan fokus di pekerjaan. Hal inilah yang membuat EO makin
laris manis.
2. EO yang berpengalaman bisa menekan harga karena sudah
punya kenalan untuk membeli barang/jasa persiapan acara. Ia juga tahu acara
seperti apa yang diinginkan oleh masing-masing tipe penyelenggara. Hal tersebut
menjadi alasan kenapa EO makin dicari.
Tidak hanya acara yang saya sebutkan di atas, banyak
acara lainnya yang siap dikelola oleh EO, misalnya: ulang tahun dan peluncuran
produk.
Cara Memulai
Bisnis Event Organizer
Bisnis yang memperoleh keuntungan dari keceriaan ini
memerlukan beberapa persiapan khusus. Berikut adalah beberapa hal yang harus
anda miliki untuk menggeluti bisnis acara ini.
1. PENGALAMAN
Hal ini wajib anda miliki, jangan menganggap membuat
acara itu hal remeh. Jika belum punya pengalaman anda bisa ikut EO lain dulu.
Anda juga bisa belajar cara mendapatkan order dari pengalaman ini.
Bisnis ini akan mengatur catering, hotel, toko
bunga, laundry dan banyak hal lainnya. Semua itu butuh koordinasi dan
pengalaman.
Anda akan bertemu berbagai jenis orang yang sifatnya
berbeda. Pengalaman akan mengajarkan anda mengenai pahit getirnya menghadapi
penyelenggara. Anda juga belajar mengatur staf.
2. TIM
Karena untuk memulai bisnis ini tidak bisa di lakukan
secara perorangan, pelaku bisnis di tuntut untuk membuat sebuah tim. Anda harus
mampu memimpin sebuah tim, dan membuat semua anggotanya menjadi loyal dan
solid, dari anggota satu ke anggota lainnya.
3. RELASI / Kenalan sebanyak-banyaknya
Ini wajib anda miliki, anda harus mencatat tempat
memesan bahan baku, menyewa sound system, dan menyiapkan hadiah. Ini penting
agar persiapan acara anda mudah dan cepat. Saat terjadi kekurangan modal atau
memerlukan bahan yang lebih murah Anda bisa mendapatkan bantuan dari orang yang
Anda kenal.
4. KREATIVITAS
Selain memiliki pengalaman, tim yang solid dan kenalan
yang banyak, pelaku usaha di tuntut untuk kreatif dalam memilih keputusan untuk
bisnisnya. Ide kreatif juga di perlukan untuk membuat sesuatu yang unik dan
hebat. Gunakan waktu-waktu luang untuk menemukan sesuatu yang baru dan bisa di
terapkan pada bisnis Event Organizer yang Anda jalankan.
5. KESABARAN
Seorang pemimpin harus memiliki kesabaran yang ekstra.
Belum pernah di temui seorang pemimpin yang tidak sabar, hampir semua
pemimpin sabar. Bila Anda tidak memiliki syarat ini, siap siap saja acara akan
bubar dan tim Anda pada kabur semua. Percayalah, sabar merupakan modal mutlak
untuk bisnis ini. Bisa jadi konsumen anda marah-marah karena suatu hal. Bisa
jadi staf anda melakukan kesalahan. Ini semua adalah belajar dari pengalaman.
6. MODAL
Untuk syarat yang terakhir yang perlu Anda persiapkan
adalah modal. Kenapa modal terakhir? Anda bisa memulai bisnis ini nyaris tanpa
modal, Anda bisa menggunakan sponsor sebagai pemodal awal Anda. Kebanyakan
bisnis Event Organizer meminta client nya untuk membayar DP terlebih dahulu
sebelum sepakat kepada tahap evaluasi, bahkan untuk awal pembuatan konsep sudah
ada yang dimintai DP.
Apa
saja bisnis Event Organizer?
Bidang yang dapat dipilih oleh Event Organizer sangat
banyak sekali. Seing kita jumpai pada acara besar, pemegang acara tidak hanya 1
tim EO saja, melainkan bisa 2 hingga 3 tim EO yang bekerja.
Dan berikut ini kerja dari EO
1. Sewa gedung dan dekorasi
2. Cattering
3. Sound sistem
4. Artis
5. Busana
6. Jadwal kegiatan
7. Tempat tinggal (penyewaan hotel / losmen untuk tamu)
8. Dan lain-lain
sumber :
Terimakasih untuk artikelnya ya.
BalasHapusOh ya, jangan lupa kunjungan balik ke artikel terbaru saya Tips Menjalankan Bisnis Event Organizer
Salam Blogger Min.